Senin, 18 Maret 2013

Pemerintah Gelar MDGs Award untuk Kejar Target Pembangunan Milenium


Pemerintah Gelar MDGs Award untuk Kejar Target Pembangunan Milenium

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews

Jakarta
 - Tiga target pembangunan milenium yang masih sulit dicapai Pemerintah Indonesia pada tahun 2015 adalah menurunkan angka kematian ibu melahirkan, menurunkan penyebaran virus HIV/AIDS serta mengakses air bersih dan sanitasi dasar. Untuk mengejar target tersebut, pemerintah RI merancang strategi pencapaian dengan menggelar prorgam MDGs Award.

"Tetap kerja keras itu. Angka kematian ibu melahirkan, HIV/AIDS, akses air bersih dan sanitasi. Tetap angka itu dari BPS dan Bappenas menyuarakan hal itu," ujar Utusan Khusus Presiden untuk MDGs, Nila Moeloek di kantor Wakil Presiden Indonesia, Jalan Medan Merdeka Utara, Senin (18/3/2013).

Namun sayangnya, Nila tidak dapat menyebutkan hal-hal yang belum tercapai dalam 3 tujuan pembangunan millenium tersebut. "Ini masih kerja keras, saya tidak bisa bicara kalau angka. Jadi mesti 2-3 tahun ini. Nanti presiden sendiri yang akan hadir untuk mendorong kita melakukan best practise. Bahwa MDGs tidak akan kita capai kalau kita tidak mau bergerak di bawah ini. Kalau kita tidak mau miskin, maka kita kerja keras dong, berbuat sesuatu," imbuhnya.

Saat bertemu dengan Wakil Presiden Boediono, Nila mengaku menyebut salah satu kendala sulitnya pencapaian MDGs di Indonesia karena terhambat masalah infrastruktur.

"Ini yang saya minta bicarakan dengan Pak Wapres Boediono bahwa pengalaman kami adanya infrastruktur jalan di tebing, ibu hamil bagaimana bisa jalannya, digotong 7 jam," ucapnya.

Direncanakan, penyerahan MGDs Award akan dilaksanakan saat pelaksanaan High Level Panel of Eminent Persons On the Post-2015 yang akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bali pada 25-27 Maret 2013.

(fiq/rmd)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar